-->
Ian
Ian Sebatas manusia yang begitu menikmati semangkuk indumi rebus. Perkenalkan saya Hujan, hobi saya adalah menulis, menonton, dan membaca. Monoton bukan? Ah ya, saya juga benci seledri!

Tugas

 

Pertanyaan :

1.    Coba carilah kesalahan dan benarkan kalimat dibawah ini!


Perkenalkan , namaku Gwen Amanda, kelas 6 SD, aku merupakan anak yang cukup pintar, karena sering mendapat juara kelas. oleh karena hal itu, banyak teman ku yang ingin bersahabat dengan ku.


"Gwen, aku boleh meminjam bukumu yang Ensiklopedia tentang hewan?" Tanya Jean, "tentu," Jawabku sambil mengeluarkan buku ensiklopedia yang berat dari dalam tasku. Saat ini adalah waktu istirahat, Jean dan Serlina duduk dan makan bersamaku. "ku kembalikan 5 hari lagi ya, hari Jumat," kata Jean "iya, hari apa aja boleh asal jangan rusak, ya," kataku "iyaa," Jawab Jean, "Gwen, kamu mendapat buku itu dari mana?" Tanya Serlina "Oh, aku mendapat dari ayahku, sebenarnya buku itu sudah agak lama," Jelasku "Ooohh," seru Serlina.

Jawaban : 

Perkenalkan, namaku Gwen Amanda, kelas 6 SD, aku merupakan anak yang cukup pintar, karena sering mendapat juara kelas, oleh karena hal itu, banyak temanku yang ingin bersahabat denganku.


"Gwen, aku boleh meminjam bukumu yang ensiklopedia tentang hewan?" tanya Jean, "Tentu," jawabku sambil mengeluarkan buku ensiklopedia yang berat dari dalam tasku. Saat ini adalah waktu istirahat, Jean dan Serlina duduk dan makan bersama aku. "Kukembalikan 5 hari lagi, ya, hari Jumat," kata Jean "Iya, hari apa aja boleh asal jangan rusak, ya," kataku "Iyaa," jawab Jean, "Gwen, kamu mendapat buku itu dari mana?" tanya Serlina "Oh, aku mendapat dari ayahku, sebenarnya buku itu sudah agak lama," jelasku "Ooohh…," seru Serlina.



Kesalahan : 

1.  Tidak ada spasi sebelum koma (,) dikata Perkenalan , seharusnya Perkenalan,

2. Menggunakan huruf kapital (Huruf Besar) setelah titik (.) di kata, 'oleh seharusnya Oleh'

3. Tidak memakai spasi dikata, 'dengan ku seharusnya denganku'

4. Kata tentu di kalimat, 'Tanya Jean, "tentu," Seharusnya menggunakan huruf kapital 'Tanya Jean, "Tentu,"

5. Garis baru setelah kalimat bersamaku

6. "iya, hari apa aja boleh asal jangan rusak, ya," Seharusnya "Iya, hari apa aja boleh asal jangan rusak, ya,"



2.    Apa pengertian dari Huruf Diftong? Sebutkan salah satu contohnya!

Jawaban :

Diftong adalah dua vokal yang diucapkan sekaligus

Contohnya, au pada kata kerbau; ai pada kata santai.


3.    Apa saja fungsi penting dari ejaan menurut Siti Mutmainah?


Jawaban :

Ejaan harus diterapkan dalam penulisan bahasa. Ejaan memiliki sejumlah fungsi penting, yaitu:


Landasan pembakuan tata bahasa

Penggunaan ejaan dalam penulisan bahasa akan membuat tata bahasa yang digunakan semakin baku.

Landasan pembakuan kosa kata serta istilah

Tidak hanya membuat tata bahasa semakin baku, ejaan juga membuat pemilihan kosa kata dan istilah mennadi lebih baku.

Penyaring masuknya unsur bahasa lain ke bahasa Indonesia

Ejaan juga memiliki fungsi penting sebagai penyaring bahasa lain ke bahasa Indonesia. Sehingga dalam penulisannya tidak akan menghilangkan makna aslinya.

Membantu pemahaman pembaca dalam mencerna informasi

Penggunaan ejaan akan membuat penulisan bahasa lebih teratur. Hal ini membuat pembaca semakin mudah dalam memahami informasi yang disampaikan secara tertulis.



4.    Sebutkan komponen dari pemakaian huruf dan berikan contohnya minimal 5 komponen!


Penulisan huruf, termasuk huruf kapital dan huruf miring.


Penulisan kata.


Penulisan tanda baca.


Penulisan singkatan dan akronim.


Penulisan angka dan lambang bilangan.


Penulisan unsur serapan




Ian
Ian  Sebatas manusia yang begitu menikmati semangkuk indumi rebus. Perkenalkan saya Hujan, hobi saya adalah menulis, menonton, dan membaca. Monoton bukan? Ah ya, saya juga benci seledri!