-->
Ian
Ian Sebatas manusia yang begitu menikmati semangkuk indumi rebus. Perkenalkan saya Hujan, hobi saya adalah menulis, menonton, dan membaca. Monoton bukan? Ah ya, saya juga benci seledri!

Resume TIK

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI A. Teknologi Dan Informasi Teknologi merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan suatu “produk” yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan peralatan (tools), proses dan sumber daya (resources). David L. Goetch. Jadi, inti dari pengertian teknologi ini merupakan suatu ide/pikiran yang tidak akan pernah berakhir, dimana teknologi ini ada bersama dengan budaya umat manusia yang sifatnya tidak alami atau bersifat buatan karena hasil dari kreasi manusia. Oleh karena itu, teknologi adalah himpunan dari pikiran manusia yang dapat dibatasi atau sifatnya universal tergantung dari sudut pandang analisisnya. Yang bertujuan untuk memfasilitasi usaha manusia sehingga dapat meningkatkan performa kemampuan manusia. 1. Fungsi Teknologi Informasi Teknologi Informasi ini adalah istilah untuk mendeskripsikan teknologi-teknologi yang memungkinkan manusia untuk: mencatat (record) , menyimpan (store), mengolah (process), mengambil kembali (retrieve), mengirim (transmit) dan menerima (receive). Fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut: a. Capture: proses penyusunan record aktivitas yang terperinci. b. Processing: proses mengubah, menganalisis, menghitung, dan mengumpulkan semua bentuk data atau informasi. c. Generation : proses yang mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat, apakah sebagai angka, teks, bunyi, atau gambar visual. d. Storage dan retrieval: storage adalah proses komputer penguat informasi untuk penggunaan masa depan. Retrieval adalah proses dimana penempatan komputer dan menyimpan salinan data atau informasi untuk pengolahan lebih lanjut atau untk ditransmisikan ke pengguna lain. e. Transmission: proses komputer mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi. Contoh : e-mail (electroic mail),voice mail. 2. Perbedaan Data dan Informasi Data merupakan sekumpulan fakta yang dapat berupak teks, gambar, tulisan, suara ataupun video namun belum memiliki nilai guna (arti). Sedangkan Informasi merupakan sekumpulan data/informasi yang dapat berupa teks, gambar, tulisan, suara atau video yang sudah memiliki nilai guna (arti) bagi manusia. Sebuah informasi dapat berguna bagi manusia karena dapat dipercaya, berdasarkan fakta, informasinya tepat waktu dan mudah diakses, lengkap dan juga akurasi sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu informasi juga bersifat fleksibel. a. Sejarah Pada awalnya manusia bertukar informasi dengan melalui bahasa dari mulut ke mulut yang dapat memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Namun, bahasa hanya bertahan sebentar saja kemudian penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Yang dimana gambar bisa menjangkau informasi lebih jauh. Setelah itu, penyampaian informasi terus berkembang dari masa ke masa hingga akhirnya ditemukan alfabet dan angka arabik. Penemuan alfabet dan angka arabik memudahkan penyampaian informasi lebih efisien dari cara sebelumnya. Nah, akhirnya pada masa sekarang teknologi informasi semakin canggih dengan adanya radio, tv, komputer dan lain sebagainya yang mengakibatkan informasi tersebar lebih cepat, cakupannya luas dan tersimpan lebih lama. b. Manfaat Teknologi Informasi Teknologi informasi memiliki banyak manfaat diberbagai bidang seperti: 1) Manfaat Di Bidang Pendidikan  E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).  Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.  E-Library, Perpustakaan Digital.  Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. 2) Mafaat Di Bidang Ekonomi  E-Banking, transaksi perbankan secara online.  E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.  Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan. 3) Manfaat Di Bidang Pemerintahan  E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: a) G2C (Governmet to Citizen) b) G2B (Government to Business) c) G2G (Government to Government) c. Dampak teknologi informasi Teknologi informasi memiliki dampak positif dan dampak negatifnya, seperti: • Dampak Positif 1. Lebih cepat 2. Lebih efisien / menekan biaya overhead sehingga meningkatkan profit/laba 3. Lebih luas sebarannya  Profit Center: menyumbang keuntungan finansial terhadap perusahaan  Investment Center: menghasilkan produk-produk baru  Service Center: Pusat layanan jasa guna kepuasan pelanggan 4. Lebih lama penyimpanannya. • Dampak Negatif 1. Kesempatan kerja makin sempit. 2. Berubahnya pola industrialisasi dunia. 3. Tekanan-tekanan ekonomi dari negara maju. 4. Penyalahgunaan seperti pornografi, pembajakan, atau perjudian. 3. Perkembangan Teknologi Informasi Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama, yaitu:  Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan teknologi informasi.  Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran informasi.  Muatan informasi atau content informasi, yang menjadi faktor pendorong utama implementasi teknologi informasi. Pada awalnya ketiga matra penyusun teknonologi informasi tersebut berkembang secara terpisah. Pertama ada teknologi komputer yang berkembang dalam lingkup matematika dan cenderung lebih teoritis. Sedangkan teknologi telekomunikasi berkembang dalam dunia bisnis dan ekonomi yang menjadi pilar pendukung teknologi transportasi dalam revolusi industri. Yang terakhir ada ilmu informasi yang muncul pada awal perang dunia ke II. Yang dimana saat itu kemenangan dan kekalahan sebuah pasukan di medan perang ditentukan oleh akurasi informasi. Sehingga sampai saat ini konsep ilmu informasi terus berkembang pesat. 4. Komponen TI  Hardware (HW): CPU, memori, PC dan lain-lain  Software (SW): OS, package application dan lain-lain  Firmware (FW): intruksi disimpan permanen dalam ROM  Brainware (BW): end user, programer, manager dan lain-lain  Infoware (IW): user manual, SOP dan lain-lain B. Ilmu Teknologi 1. Perkembangan Ilmu Teknologi Terdapat 4 era perkembangan ilmu teknologi, diantaranya: a. Era Komputerisasi (1960) Pada era ini komputer digunakan untuk keperluan pengolahan data dan juga digunakan untuk menyelesaikan masalah teknis operasional dan administrasi (mainframe). Yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu dan biaya karena komputer jauh lebih efisien dibanding dengan memperkerjakan banyak SDM untuk hal serupa. b. Era Teknologi Informasi (1970) Ciri pada era ini yaitu teknologi PC digunakan sebagai pengganti microcomputer dengan kecepatan yang hampir sama dengan minicomputer. Selain itu pada era ini komputer tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif yang dapat dimanfaatkan untuk mengolah basis data, spreadsheet atau data processing. Untuk itu, komputer merupakan fasilitas yang memberikan keuntungan kompetisi perusahaan terutama di bidang pelayanan dan jasa. c. Era Sistem Informasi Pada era sistem informasi teori manajemen organisasi secara intensif sudah mulai diperkenalkan. Para perusahaan sudah mulai melakukan BPR (Business Process Reengineering), restrukturisasi, implementasi iso-9000, implementasi tqm, instalasi dan pemakaian sistem informasi korporat (sap, oracle, baan dsb). d. Era Globalisasi Informasi Pada era ini penerapan teknologi seperti lan, man, wan, globalnet, internet, intranet, dan ekstranet semakin merata dan membudaya di masyarakat. Selain itu adanya kebutuhan baru akan teknologi yang adaftif terhadap perubahan, dengan adanya produk aplikasi berbasis objek: OOP, OODBSM dan sebagainya. 2. IT dalam Kehidupan Masyarakat Peranan Manusia dalam IT:  IT tidak akan berkembang tanpa adanya kemampuan manusia yang terlibat secara langsung;  Penggunanya perlu memiliki kualitas, kemampuan dan potensi yang tinggi;  Dibutuhkan kebijakan dan strategi yang berkaitan dengan pengembangan SDM bidang IT untuk antisipasi perkembangan IT yang sangat pesat, juga dibutuhkan manajemen yang baik untuk mengelola implementasi IT;  Kelancaran implementasi IT selain bergantung pada strata pendidikan dan practical training yang bersifat teknis, juga bergantung pada pengetahuan mengenai privacy, ethics, computer crime dan sebagainya. 3. Perkembangan Perangkat Keras (Hardware) Perkembangan hardware dimulai dengan adanya alat manual (Manual device) contohnya seperti petroglyphs, lempengan tanah liat dan lain-lain. Selanjutnya ada alat mekanik (Mechanical device) seperti Pascal’s Machine Aritmatic. Yang ketiga ada alat mekanik eletronik (Electro mechanical device) dan yang terakhir ada alat elektronik (Electronic device). 4. Generasi Komputer Komputer di muka bumi ini memiliki masa perkembangannya atau generasi dari masa ke masa, antara lain sebagai berikut: a) Generasi Pertama (1946-1959) Pada generasi pertama komputer digunakan sebagai tabung udara. Dimana programnya dibuat dengan bahasa mesin dengan konsep strome program dengan memori utamanya yaitu magnetic core stroge yang menggunakan simpanan luar. Selain itu, ada beberapa kelemahannya seperti ukuran fisiknya besar, mudah panas, proses kurang cepat, simpanan kecil dan membutuhkan daya listrik besar. Contohnya seperti Eniac (komputer sangat besar), Harvard Mark. b) Generasi kedua (1959-1965) Terdapat beberapa kemajuan pada komputer generasi kedua ini yaitu kapasitas memori yang cukup besar dan juga menggunakan simpanan luar, tidak hanya itu komputernya memiliki kemampuan proses real time dan time sharing, ukuran komputernya kecil, prosesnya lebih cepat dan membutuhkan daya linstrik yang lebih sedikit. Itu semua karena komponennya terbuat dari transistor. Contohnya IBM Serie 1400. c) Generasi ketiga (1965-1970) Pada generasi ketiga komponen komputer terbuat dari IC (Integrated Circuit) yang dimana memiliki kemampuan yang lebih signifikan dari komputer generasi kedua. Dari mulai prosesnya lebih cepat dan tepat, kapasitas memori lebih besar yang menggunakan simpanan luar yang random, adanya peningkatan software dan tentunya daya listriknya lebih hemat. Selain itu, adanya pengembangan alat input dan output dengan kemampuan komunikasi datanya yang baik. Contohnya komputer IBM S360 (harganya lebih murah dari generasi sebelumnya). d) Generasi keempat (sejak tahun 1970) Dimana pada generasi keempat ini komputernya memiliki microprocessor yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah chip. Dikarenakan bentuknya semakin kecil dan kemampuannya semakin meningkat juga harganya lebih murah. Microprocessor ini adalah awal kelahiran komputer personal. Komputer pertama pada generasi ini adalah Apple I yang memasukan microprocessor pada circuit board komputer. e) Generasi keempat lanjutan IBM mulai mengeluarkan komputer personal pada tahun 1981 dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit yang teknologinya jauh lebih baik. Sementara itu, harga yang ditawarkanpun tidak jauh berbeda dengan komputer lain sehingga membuat kompuer ini sangat populer disamping karena nama besar dari IBM sendiri. f) Generasi berikutnya Ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocessor dan juga ditandai dengan adanya semiconductor. Selain itu, pada generasi ini kita bisa lihat adanya microprocessor dari intel dengan model 4004, 8008, 80286, 80386, 80486 serta pentium I, II, dan III. g) Generasi berikutnya Pada generasi ini pentium 4 sudah mulai produksi dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produksi sebelumnya. Dan juga meningkatkan dari segala aspek. Tentunya 20 kali lebih baik dari pentium sebelumnya.

Ian
Ian  Sebatas manusia yang begitu menikmati semangkuk indumi rebus. Perkenalkan saya Hujan, hobi saya adalah menulis, menonton, dan membaca. Monoton bukan? Ah ya, saya juga benci seledri!